Rabu, Juli 29, 2009

Virus 'Cinta'???

Tak semua jenis cinta boleh dilakukan, ada cinta tertentu yang justru terlarang. Termasuk cinta yang satu ini, 'folder cinta' yang menyebarkan virus pada komputer.



'Cinta' yang satu ini layak disebut terlarang karena akan menginfeksi komputer dan menimbulkan efek yang tidak disukai. Meski di sisi lain ia tetap membawa-bawa 'cinta' dalam penyebarannya.

Adanya penyebaran program jahat 'Folder Cinta' dikemukakan oleh analis antivirus Vaksincom, Adi Saputra. Dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Selasa (28/7/2009), disebutkan bahwa program jahat bernama teknis Autorun.QBP ini menggunakan trik yang tidak terlalu umum.

Virus dengan tema 'cinta' umumnya menampilkan pesan-pesan bernada romantis atau bahkan foto perempuan dalam penyebarannya. "Jika pada umumnya pembuat virus Cinta membuat virus dengan membuat pesan-pesan, baik dalam bentuk dokumen dan HTML, maka kali ini pembuat virus menebar hanya dengan menggunakan logo/icon virus yang berbentuk folder," sebut Adi.

Virus itu memiliki file dengan nama yang tersusun dari karakter acak. Ikon file virus itu mirip ikon folder dengan logo hati, sehingga dijuluki 'Folder Cinta'. Selain itu, program jahat ini meninggalkan jejak berupa file kosong bernama 'khql'.

Jenis pemrograman yang digunakan dalam membuat 'Folder Cinta' pun disinyalir tidak lazim. Jika umumnya virus menyebar dengan basis kode Visual Basic (VB) atau Bahasa C++, 'Folder Cinta' menggunakan script Autoit.

Ciri ciri dari file virus Autorun.QBP, di antaranya adalah:
- Menggunakan icon 'Folder Cinta'
- Memiliki ukuran 793 kb
- Type file 'Application'
- Ber-extension exe

Gejala komputer yang terkena virus ini adalah:
- Di setiap file sharing akan muncul file virus dengan nama '[namaacak].exe' dan file system yang kosong dengan nama 'khq'. File khq ini juga akan berada pada setiap root drive.
- File virus aktif di memori komputer dengan nama 'csrcs.exe' pada proses dengan username lokal. Anda dapat melihat dengan menggunakan task manager pada tab processes.
- Tidak dapat menampilkan file yang sudah di-hidden. Walaupun folder options sudah diubah berkali-kali, akan kembali hidden.

Tidak ada komentar:


INFO PENTING

Klik Ceria dan Klik Aja Deh adalah sebuah inovasi bisnis saling menguntungkan, GRATIS bagi member untuk bergabung, dan menjembatani antara pemakai internet dan
pemilik usaha (advertiser) untuk mempromosikan produknya. Caranya gampang anda tinggal masuk ke
http://klikajadeh.com/?r=vanz3ra
atau
http://klikceria.com/?r=vanz3ra
lalu registrasi deh. Gratis dan mudah. setelah gabung, anda tinggal meng-klik iklan yang ada.Setiap klik anda mendapat Rp100. Mudah bukan...
Contoh penghasilan Member:
» Anda klik 10 iklan per hari = Rp 1000,-
» 20 referral Anda klik 10 iklan per hari = Rp 20.000,-
» Tiap Hari Saldo Anda akan bertambah Rp 21.000,-
» Tiap Minggu = Rp 147.000,-
» Tiap Bulan = Rp 630.000,-
Kalau 1 Tahun? Hitung sendiri aja deh! buruan daftar....Klik Gambar di bawah ini:



atau di sini :